Connect with us

Tips

Kue Nastar Kekinian, Bentuk, Resep dan Cara Membuatnya

Published

on

bentuk kue nastar kekinian
Home » Kue Nastar Kekinian, Bentuk, Resep dan Cara Membuatnya

Lebaran sebentar lagi dan Kue nastar adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer dan sering Kita temukan ketika berkunjung ke tempat teman dan sanak keluarga ketika lebaran. Nastar biasanya terbuat dari adonan kue yang berbentuk seperti bintang dan diisi dengan selai nanas. Namun, dengan perkembangan zaman, kue nastar juga mengalami berbagai inovasi dan modifikasi. Inilah yang membuat kue nastar kekinian semakin diminati oleh banyak orang.

Jika Anda ingin mencoba membuat kue nastar kekinian, berikut adalah bentuk dan cara pembuatannya.

Bentuk Kue Nastar Kekinian

Kue nastar kekinian memiliki bentuk yang berbeda dari kue nastar tradisional. Bentuknya bisa berupa bunga, love, hati, atau bentuk-bentuk lain yang unik dan menarik. Selain itu, kue nastar kekinian juga bisa dibuat dalam bentuk yang lebih besar, seperti kue lapis atau kue bolu.

Bentuk kue nastar kekinian ini membuatnya lebih menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai hadiah atau oleh-oleh. Selain itu, bentuk yang berbeda juga membuat kue nastar kekinian lebih mudah untuk dimakan dan tidak berantakan.

Cara Membuat Kue Nastar Kekinian

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue nastar kekinian yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram tepung terigu
  • 125 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 2 kuning telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • Selai nanas secukupnya

Langkah-langkah

  1. Campurkan tepung terigu, gula halus, garam, vanili, dan baking powder dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan mentega yang sudah dicairkan dan kuning telur ke dalam campuran tepung. Aduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jika ingin membuat kue nastar berbentuk love, gunakan cetakan love yang sudah diolesi mentega.
  4. Isi bagian tengah kue dengan selai nanas secukupnya.
  5. Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celcius selama 15-20 menit atau hingga matang.
  6. Setelah matang, biarkan kue dingin sebelum disajikan.

Tips dan Trik

  • Untuk membuat kue nastar kekinian yang lebih sehat, Anda bisa mengganti tepung terigu dengan tepung almond atau tepung oat.
  • Jika tidak memiliki cetakan love atau bentuk lainnya, Anda bisa menggunakan cetakan kue biasa dan memotongnya dengan pisau sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
  • Untuk membuat kue nastar yang lebih renyah, tambahkan sedikit tepung maizena ke dalam adonan.
  • Jika ingin membuat kue nastar yang lebih manis, tambahkan sedikit gula halus ke dalam adonan.

 

Baca juga:

Waralaba Warteg Kekinian Trend Usaha Kuliner Masa kini

Kue dan Jajanan Bulan Puasa yang Enak dan Bikin Laper

Kue Jahe: Tradisi dan Sensasi Rasa dalam Setiap Gigitan

 

Inovasi dan Modifikasi Kue Nastar Kekinian

Selain bentuk yang berbeda, kue nastar kekinian juga mengalami berbagai inovasi dan modifikasi dalam hal rasa dan bahan-bahan yang digunakan. Berikut adalah beberapa inovasi dan modifikasi kue nastar kekinian yang bisa Anda coba.

Kue Nastar Coklat

Kue nastar coklat adalah salah satu inovasi kue nastar yang paling populer. Selain menggunakan tepung terigu, kue nastar coklat juga menggunakan tepung coklat yang membuatnya memiliki warna dan rasa yang berbeda. Selain itu, kue nastar coklat juga bisa ditambahkan dengan coklat chip atau potongan coklat di dalamnya untuk menambah rasa dan tekstur yang lebih nikmat.

Kue Nastar Keju

Kue nastar keju adalah inovasi kue nastar yang menggunakan keju sebagai salah satu bahan utamanya. Keju yang digunakan bisa berupa keju parut atau keju krim yang dicampurkan ke dalam adonan. Kue nastar keju memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih lembut.

Nastar Kacang

Nastar dengan kacang adalah inovasi kue nastar yang menggunakan kacang sebagai salah satu bahan utamanya. Kacang yang digunakan bisa berupa kacang tanah, kacang almond, atau kacang mede yang dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan. Kue nastar kacang memiliki rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih renyah.

Kesimpulan

Kue nastar kekinian adalah salah satu inovasi kue nastar yang semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Dengan bentuk yang unik dan berbagai inovasi dan modifikasi, kue nastar kekinian menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai hadiah atau oleh-oleh. Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah dan praktis, Anda juga bisa membuat kue nastar kekinian sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips

Cara Memanfaatkan Nasi Sisa sebagai Cemilan Lezat

Published

on

By

olahan nasi sisa buat cemilan
Home » Kue Nastar Kekinian, Bentuk, Resep dan Cara Membuatnya

Berikut adalah beberapa ide yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan olahan nasi sisa yang bisa dijadikan cemilan.

Di tengah kesibukan dan kegiatan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan dengan nasi sisa yang tersisa di dapur. Daripada membuangnya, mengolah nasi sisa menjadi cemilan yang lezat dan bergizi adalah pilihan cerdas. Dengan sedikit kreativitas dan bahan tambahan sederhana, nasi sisa bisa diubah menjadi camilan yang menggugah selera dan menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga.

1. Bola-Bola Nasi Goreng

Nasi sisa dapat diubah menjadi bola-bola nasi goreng yang gurih dan lezat. Tambahkan bumbu-bumbu favorit seperti bawang putih cincang, daun bawang, dan kecap manis ke dalam nasi. Bentuk nasi menjadi bola-bola kecil, lalu goreng hingga kecokelatan. Bola-bola nasi goreng ini dapat disajikan dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkapnya.

2. Nasi Goreng Crispy

Untuk variasi nasi goreng yang lebih menarik, coba buat nasi goreng crispy. Campurkan nasi sisa dengan telur, daun bawang, dan sedikit tepung terigu. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng campuran nasi tersebut hingga menjadi renyah dan berwarna keemasan. Nikmati nasi goreng crispy ini sebagai cemilan atau camilan di sore hari.

3. Nasi Bakar

Nasi sisa juga bisa dijadikan nasi bakar yang lezat. Ambil selembar daun pisang atau aluminium foil, letakkan nasi di atasnya, tambahkan potongan daging ayam atau ikan, serta irisan sayuran seperti wortel dan kacang panjang. Bungkus rapat dan panggang di atas bara api atau dalam oven hingga matang sempurna. Rasakan aroma harum nasi bakar yang menggugah selera.

 

Baca juga:

Membuka Peluang Usaha Sukses dengan Franchise Ayam Goreng

Makanan Olahan: Menggali Lebih Dalam tentang Keuntungan dan Risikonya

Makanan Toxic: Mengenal, Mewaspadai, dan Menghindari Risikonya dalam Keseharian

 

4. Nasi Kepal Keju

Nasi sisa yang dibentuk menjadi bola-bola kecil juga dapat dijadikan nasi kepalkan yang lezat dengan tambahan keju di dalamnya. Campur nasi dengan keju parut dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Panggang dalam oven hingga keju meleleh dan bola-bola nasi berwarna keemasan. Nikmati nasi kepalkan ini selagi hangat untuk sensasi lezat yang menggoda.

5. Rolade Nasi

Rolade nasi merupakan olahan kreatif yang bisa dibuat dari nasi sisa dan bahan pelengkap seperti telur, daging cincang, dan sayuran. Ratakan nasi di atas selembar nori, tambahkan bahan pelengkap di atasnya, lalu gulung seperti sushi. Potong rolade nasi menjadi bagian-bagian kecil dan sajikan dengan saus pedas atau mayones.

6. Nasi Kuning Panggang

Nasi sisa juga bisa diubah menjadi nasi kuning panggang yang lezat dan menggugah selera. Campur nasi dengan bumbu nasi kuning, seperti kunyit, serai, dan daun salam. Tata nasi dalam loyang dan panggang dalam oven hingga matang dan beraroma harum. Potong nasi kuning panggang menjadi potongan kecil dan sajikan sebagai camilan hangat.

Kesimpulan

Memanfaatkan nasi sisa sebagai cemilan adalah cara cerdas untuk mengurangi pemborosan makanan dan menciptakan variasi menu yang menarik. Dengan sedikit kreativitas, nasi sisa bisa diubah menjadi berbagai camilan lezat yang cocok dinikmati bersama keluarga dan teman. Selamat mencoba!

Continue Reading

Tips

Cara Sederhana Memasak Ikan Patin Jaminan Lezat

Published

on

By

cara memasak ikan pating
Home » Kue Nastar Kekinian, Bentuk, Resep dan Cara Membuatnya

Dalam Artikel ini kita akan membahas tentang cara memasak dengan bahan ikan patin dengan dengan teknik sederhana 

Ikan patin, salah satu jenis ikan air tawar yang populer, memiliki daging yang lembut dan rasanya yang lezat. Memasak ikan patin bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk hidangan sehari-hari atau bahkan untuk jamuan istimewa. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memasak ikan patin yang akan menggugah selera:

 

1. Patin Goreng Tepung

Patin goreng tepung adalah salah satu cara paling sederhana dan lezat untuk menikmati ikan patin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan:

1. Ikan patin segar

2. Tepung terigu

3. Tepung bumbu atau tepung roti

4. Garam dan lada secukupnya

5. Minyak goreng

Langkah-langkah:

1. Bersihkan ikan patin dan potong sesuai selera.

2. Campurkan tepung terigu dengan sedikit garam dan lada.

3.  Balurkan potongan ikan patin ke dalam campuran tepung terigu hingga merata.

4. Celupkan ikan patin yang sudah dibalur tepung ke dalam telur kocok, kemudian gulingkan di 5. tepung bumbu atau tepung roti.

6. Panaskan minyak dalam wajan.

7. Goreng ikan patin hingga kecokelatan dan matang sempurna.

8. Angkat dan tiriskan, sajikan selagi hangat.

2. Patin Bakar Bumbu Rempah

Patin bakar dengan bumbu rempah akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan:

1. Ikan patin segar

2. Bumbu rempah (misalnya, bawang putih, bawang merah, jahe, serai, daun jeruk)

3. Garam, gula, dan lada secukupnya

4. Minyak zaitun

 

Baca juga:

Asam Folat: Manfaat, Di Makanan Apa Sajakah Bisa di Temukan?

Resep Bebek Goreng Crispy, Makanan Jalanan yang Lezat

Eksplorasi Rasa 25 Jenis Sushi yang Memikat Selera

 

 

Langkah-langkah:

  1. Haluskan bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan serai.
  2. Tambahkan garam, gula, dan lada secukupnya ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan.
  3. Lumuri ikan patin dengan campuran bumbu rempah tersebut.
  4. Diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap.
  5. Panaskan panggangan atau grill dan olesi dengan minyak zaitun.
  6. Panggang ikan patin di atas panggangan dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

 

3. Patin Kuah Asam Pedas

Patin kuah asam pedas adalah hidangan yang segar dan menggugah selera, khususnya bagi pecinta masakan pedas. Berikut adalah cara untuk membuatnya:

Bahan:

  1. Ikan patin segar
  2. Bumbu untuk kuah asam pedas (misalnya, cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, serai, jahe)
  3. Asam jawa atau asam keping
  4. Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya
  5. Daun kesum dan daun bawang

Langkah-langkah:

  1. Tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, serai, dan jahe hingga harum.
  2. Tambahkan air dan biarkan mendidih.
  3. Masukkan potongan ikan patin ke dalam kuah yang sudah mendidih.
  4. Tambahkan asam jawa atau asam keping, garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  5. Biarkan kuah mendidih hingga ikan matang dan bumbu meresap.
  6. Taburkan daun kesum dan daun bawang sebagai hiasan sebelum disajikan.
  7. Sajikan panas dengan nasi hangat.
  8.  

Dengan beberapa cara sederhana ini, Anda dapat menikmati ikan patin dengan berbagai cita rasa yang lezat. Selamat mencoba memasak!

 
 
 
 
Continue Reading

Tips

10 Menu Lebaran yang Sederhana Cara pembuatanya Namun Terkesan Mewah

Published

on

By

menu lebaran sederhana tapi mewah
Home » Kue Nastar Kekinian, Bentuk, Resep dan Cara Membuatnya

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan 10 menu Lebaran yang simpel namun membuat tamu merasa dikejutkan dengan cita rasa yang mewah.

Lebaran, atau Idul Fitri, adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di Indonesia. Tidak hanya sebagai ajang berkumpul bersama keluarga dan sahabat, Lebaran juga identik dengan sajian makanan lezat yang disajikan saat Idul Fitri tiba. Namun, seringkali kita merasa kesulitan mencari ide menu Lebaran yang sederhana namun terkesan mewah. Nah, Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan 10 menu Lebaran yang simpel namun membuat tamu merasa dikejutkan dengan cita rasa yang mewah.

1. Sate Ayam Madu

Sate ayam yang dimasak dengan bumbu madu dan rempah-rempah khas membuat cita rasa sate ini begitu spesial. Sajikan sate ayam madu dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas, siapa yang bisa menolak lezatnya sajian ini?

2. Nasi Kebuli

Menu yang berasal dari arab ini adalah salah satu menu Lebaran yang selalu sukses memikat lidah siapa pun yang mencicipinya. Nasi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, kismis, dan daging kambing yang empuk akan membuat tamu merasa diistimewakan.

3. Ayam Betutu

Hidangan khas bali ini adalah masakan yang sungguh istimewa. Ayam yang dimasak dalam bumbu rempah-rempah Bali yang khas memberikan cita rasa yang begitu nikmat. Sajikan ayam betutu dengan sambal matah dan lalapan segar untuk pengalaman makan yang lengkap.

4. Sop Buntut

Sop buntut merupakan hidangan yang kaya rasa dan gizi. Daging buntut yang dimasak dalam kuah kaldu yang gurih dan beraroma akan membuat tamu merasa dihargai. Sop buntut bisa disajikan dengan potongan wortel dan kentang untuk menambah kesan mewah.

5. Nasi Goreng Pete

Nasi goreng pete adalah menu Lebaran yang terkesan sederhana namun mewah. Rasa pete yang kuat dan beraroma akan memperkaya citarasa nasi goreng ini. Sajikan nasi goreng pete dengan acar dan telur mata sapi untuk menambah kenikmatan santapan.

 

Baca juga:

Menu Lebaran Kekinian: Merayakan Tradisi dengan Sentuhan Modern

10 Makanan Penunda Laper: Menjaga Kesehatan dan Kenikmatan

10 Franchise Ayam Goreng Terbesar di Indonesia: Bisnis yang Menggiurkan

 

6. Rendang

Rendang adalah masakan khas Minangkabau yang begitu terkenal akan kelezatannya. Daging sapi yang dimasak dalam bumbu rendang yang kaya rempah akan membuat tamu terkesan dengan cita rasa mewah yang dihadirkan. Sajikan rendang dengan lontong atau nasi putih untuk hidangan Lebaran yang tak terlupakan.

7. Otak-Otak

Otak-otak adalah makanan yang terbuat dari ikan dan campuran rempah-rempah yang dikenal begitu nikmat. Sajikan otak-otak dengan sambal kecap dan jeruk nipis untuk mendapatkan pengalaman makan yang segar dan lezat.

8. Gulai Kambing

Gulai kambing adalah hidangan yang lezat dan bergizi yang cocok disajikan saat Lebaran tiba. Daging kambing yang dimasak dalam kuah gulai yang kaya rempah dan santan akan membuat tamu merasa dihargai. Sajikan gulai kambing dengan ketupat atau nasi impit untuk pengalaman makan yang lengkap.

9. Klepon Matcha

Klepon adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan dan gula merah yang direbus dalam kelapa parut. Tambahkan sentuhan mewah dengan menambahkan bubuk matcha ke dalam adonan klepon untuk memberikan warna dan rasa yang unik.

10. Es Teler

Es Teler adalah minuman segar yang terbuat dari campuran buah-buahan, susu, dan es serut. Sajikan es teler dengan potongan buah segar dan cincau untuk memberikan kesan mewah dan menambah kesegaran saat Lebaran tiba.

Kesimpulan

Dengan menu Lebaran yang sederhana namun terkesan mewah ini, tamu pasti akan merasa dikejutkan dengan cita rasa yang lezat dan berkelas. Selamat merayakan Idul Fitri dan selamat menikmati hidangan lezat! Semoga bermanfaat.

Continue Reading

Trending

    WhatsApp Button Klik disini untuk tanya-tanya dulu

Copyright © 2024 BikinLaper.com

WhatsApp Button Klik disini untuk tanya-tanya dulu